IHT SOSIALISASI ASESMEN NASIONAL 2021

SMAN 6 Madiun – Dalam rangka persiapan menghadapi Asesmen Nasional 2021, SMA Negeri 6 Madiun pada hari Rabu, 9 Desember 2020 mengadakan IHT Sosialisasi dan Persiapan AN 2021. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan kepada Guru terkait AN yang akan berlangsung pada Maret 2021 mendatang.

Narasumber IHT adalah Bapak Aulia Krisna S.Pd, M.M selaku kepala Cabang Ganesha Operation wilayah Madiun. Dalam paparannya beliau menyampaikan banyak hal terkait AN 2021.

Ada 3 bagian dalam asesmen nasional yang diujikan, meliputi:

1. Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), yakni mengukur capaian literasi (bahasa) membaca dan numerasi (matematika) sebagai hasil belajar kognitif

2. Survei Karakter, yaitu mengukur sikap, kebiasaan, nilai-nlai sebagai hasil belajar nonkognitif, seperti iman dan takwa kepada Tuhan, akhlak mulia, kebhinekaan global, mandiri, bergotong royong, bernalar kritis, dan kreatif

3. Survei Lingkungan Belajar, adalah mengukur kualitas pembelajaran dan iklim sekolah yang menunjang pembelajaran.

Jadwal lengkapnya:

  • Bulan Agustus 2021 untuk kelas 5 SD dan MI
  • Minggu pertama Maret 2021 untuk kelas 11 SMA/MA
  • Minggu kedua Maret 2021 untuk kelas 11 SMK
  • Minggu ketiga Maret 2021 untuk kelas 9 SMP/MTs
  • Minggu keempat Maret 2021 untuk Paket C
  • Awal April 2021 untuk Paket A dan Paket B.

Asesmen nasional (AKM, survei karakter, dan survei lingkungan belajar) tidak dilaksanakan di akhir jenjang pendidikan, SD, SMP, atau SMA/SMK, seperti kelas 6, 9, atau 12.

Namun dilakukan pada pertengangan jenjang. Tujuannya ada dua. Pertama, agar bisa memberi waktu bagi sekolah dan guru memperbaiki pembelajaran sebelum siswa lulus. Kedua, menunjukkan bahwa tes ini bukan alat seleksi siswa, sehingga tidak memicu stres buat siswa dan orangtua.

Paparan dari Bapak Aulia Krisna, S.Pd., M.M. setidak memberi gambaran kepada sekolah untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi Asesmen Nasional dari apapun baik segi siswa yang dipersiapkan maupun sarana penunjang untuk kegiatan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *